Mengenal Burung Kutilang Emas

Advertisement
...
Advertisement
...
Advertisement
...
Advertisement
...
Kutilang emas - Burung kutilang merupakan salah satu burung kicau yang terkenal sejak dulu kala, dan di Indonesia sendiri burung kutilang paling digemari. Terbukti banyaknya peminat burung ini di pasaran, bahkan sampai ada lagu Indonesia yang diberi judul "burung kutilang". Dari sini sudah dapat dilihat bahwa burung kutilang termasuk burung kicau yang gemar bernyanyi.

kutilang emas

Ada 2 jenis burung kutilang yang terkenal di negeri ini, yaitu burung kutilang biasa dan burung kutilang emas. Yang biasanya dikenal masyarakat adalah kutilang biasa, namun jangan mengeyampingkan kutilang emas, karena kutilang emas juga saat ini menjadi buruan kicaumania. Jika melihat dari sisi kelebihan, maka kutilang emas merupakan burung yang memiliki banyak kelebihan, mulai dari postur yang pas, warna yang terang menawan, serta kicauannya yang merdu dan bervariasi.

Burung kutilang emas warna bulu bagian atas hijau kemerahan, sedangkan bulu dari leher hingga bagian perut bawah berwarna kuning. Kutilang jantan suaranya cukup lantang dan merdu, ini mudah dikenali karena selain itu juga memiliki variasi lagu yang cukup banyak. Berbeda halnya dengan kutilang betina yang terbilang monoton.

Kutilang emas masih termasuk dalam family pycnonotidae, dan sebagian besar kicaumania menyebut bahwa kutilang emas adalah jalak kuning. Penyebaran kutilang emas meliputi pula Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Kepopulerannya tidak bisa diragukan lagi, karena penyebarannya juga sampai Asia Selatan, paling banyak ditemukan di India.

Kutilang emas umumnya hidup secara berkelompok, dan termasuk burung yang tidak suka berpindah-pindah, atau krasan di suatu tempat di daerah tertentu yang banyak pepohonan besar yang rindang. Namun kini, kutilang emas populasinya semakin sedikit, mengingat banyaknya pemburu liar dan penebang hutan liar.

Mungkin itulah sedikit pembahasan tentang burung kutilang emas yang bisa kami sampaikan kepada sobat kicaumania, semoga informasi ini bisa menjadi sebuah wawasan yang bermanfaat bagi kita semua.