Jenis Burung Lovebird Lengkap!

Advertisement
...
Advertisement
...
Advertisement
...
Advertisement
...
Wah jangan tanya seputar burung lovebird, ya pasti semua kicaumania sudah pada mengetahuinya. Burung lovebird saat ini termasuk burung nomor satu yang paling digemari di Indonesia, selain karena beragam jenis yang menarik dengan tampilan yang indah, tentu harganya pun beragam, mulai dari yang paling murah hingga yang mahal sekalipun.

jenis lovebird

Pada awalnya lovebird berasal dari Afrika, kemudian banyak penangkar yang mengembangbiakkannya hingga burung ini menyebarluas dan menjadi salah satu jenis burung kicau yang fenomenal di dunia. Wjar saja bila lovebird menjadi burung favorit, jika melihat burung ini sangat enak dipandang, sangat cocok dimiliki oleh semua kalangan.

Burung lovebird yang artinya "burung cinta" ini disebut sebagai burung cinta karena memang burung ini gemar berpasangan dan saling menyayangi, maka wajar disebut sebagai burung cinta. Ada berbagai macam jenis lovebird yang terkenal, mulai dari lovebird madagaskar, lovebird muka merah, lovebird kacamata topeng, dan lain sebagainya.

Berikut adalah jenis burung lovebird yang patut untuk anda ketahui:

1. Lovebird Muka Salem
lovebird muka salem
Lovebird muka salim berasal dari berasal daei daerah di barat daya Afrika. Ada beragam warna pada lovebird jenis ini, tetapi umumnya berwarna hijau kekuningan pada bagian tubuhnya, sedangkan bagian dahi dan belakang matanya berwarna merah. Sayap berwarna merah dan ada tambahan warna biru. Postut tubuh lovebird ini berukuran 15 cm.

2. Lovebird Madagaskar
lovebird madagaskar
Namanya lovebird madagaskar, maka lovebird ini awal mula berasal dari pula madagaskar di Afrika. Berat tubuhnya skeitar 30 hingga 50 cm, dengan warna umum yaitu warna hijau, sehingga sangat mudah dikenali. Selain keseluruhan tubuh berwarna hijau, burung ini juga ada warna abu-abu di bagian atas hingga dadanya.

3. Lovebird Muka Merah
lovebird muka merah
Lovebird mata merah disebut dengan istilah red faced lovebird, burung ini sangat mudah dikenali karena memiliki warna merah pada bagian dahi dan wajahnya. Namun, pada lovebird betina sebagian besar berwarna hijau kekuningan. Tubuh lovebird ini cukup mungil, hanya berukuran 15 cm. Lovebird ini ditemukan di daerah pesisir pantai Afrika hingga Ethiopia.

4. Lovebird Kacamata Topeng
lovebird kacamata topeng
Lovebird kacamata topeng merupakan salah satu jenis lovebird yang cukup gampang dikenali. Ciri umum yaitu bertopeng hitam mulai dari wajah hingga bagian lehernya, dan Lovebird ini berukuran 14-15 cm. Burung ini ditemukan di timur laut Tanzania kemudian dikembangbiakkan di Kenya.

5. Lovebird Kacamata Fischeri
lovebird kacamata fischer
Lovebird ini pertama kalinya dikembangbiakkan di Amerika Serikat, yakni sekitar tahun 1926. Mengapa lovebird ini disebut fischer? karena ditemukan oleh orang yang bernama Gustav Fischer. Warna burung ini sebagian besar adalah perpaduan warna ungu dan abu-abu. Ukuran postur tubuhnya mencapai 14 cm.

6. Lovebird Kacamata Nyasa
lovebird kacamata nyasa
Lovebird kacamata nyasa ini cukup mungil, yaitu dengan postur tubuh berukuran 13 cm. Lovebird jenis ini paling banyak ditemukan di wilayah Mozambik, malawi, dan Tanzania. Umumnya, burung ini mampu hidup dan berkembang biak di musim dingin. Terkenal dengan tubuh berwarna hijau kekuningan dan warna merah bagian kepala.

7. Lovebird Kacamata Pipi Hitam
lovebird kacamata pipi hitam
Lovebird kacamata pipi hitam ini jelas mudah dikenali dengan warna hijau kekuningan pada bagian tubuhnya, serta warna pipi yang hitam legam. Postur tubuhnya berukuran 13-14 cm, biasanya burung ini hudp secara berkelompok, terutama di musim kemarau. Paling banyak ditemukan di Zimbabwe.

8. Lovebird Abisnia
lovebird abisinia
Lovebird Abisinia ini dikenal sebagai lovebird dengan ciri warna hijau pada bagian tubuh, serta yang paling mencolok adalah terdapat warna hitam setiap ujung sayapnya. Postur tubuh termasuk sedang, yakni sekitar 16-17 cm, dan paling banyak ditemukan di Ethiopia.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis burung lovebird yang dapat kami informasikan kepada anda, semoga dapat menjadi manfaat, terutama seputar burung lovebird.